Powered By Blogger

Jumat, 16 September 2011

100 shotcut komputer dan Fungsinya

Tugas Individu




D
I
S
U
S
U
N
                   Oleh    :
                                    Nama             : Idil Akbar
                                    Jurusan            : Fisika
                                    Kelas               : A/ Pend.Fisika
                                    Nim                 : 101 204 017

JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2011

 


Seratus Shortcut dan Fungsinya
  1. CTRL + C/copy ( untuk mengkopi file,kata, karakter).
  2. CTRL+X /cut (untuk memotong, file, kata, karakter).
  3. CTRL+V (Paste) (untuk melakukan finishing pada perintah Copy atau Cut).
  4. CTRL+Z (Undo) (untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan sebelumnya).
  5. DELETE (Hapus) (untuk menghapus kata, karakter, dll.).
  6. SHIFT+DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)
  7. CTRL sambil menyeret (men-drag) sebuah item (Menyalin item yang dipilih)
  8. CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Buat cara pintas ke item yang dipilih)
  9. Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
  10. CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata berikutnya)
  11. CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya)
  12. CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf berikutnya)
  13. CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf sebelumnya)
  14. CTRL + SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Sorot blok teks)
  15. SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Pilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada desktop, atau pilih teks dalam dokumen)
  16. CTRL + A (Pilih semua)
  17. Tombol F3 (Mencari sebuah file atau folder)
  18. ALT + ENTER (Melihat properti untuk item yang dipilih)
  19. ALT + F4 (Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif)
  20. ALT + ENTER (Menampilkan properti dari objek yang dipilih)
  21. ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut untuk jendela aktif)
  22. CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan)
  23. ALT + TAB (Beralih antara item yang terbuka)
  24. ALT + ESC (Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka)
  25. Tombol F6 (Siklus melalui elemen-elemen layar dalam jendela atau pada desktop)
  26. Tombol F4 (Menampilkan Address bar list di My Computer atau Windows Explorer)
  27. SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut untuk item yang dipilih)
  28. ALT + SPACEBAR (Tampilan menu Sistem untuk jendela aktif)
  29. CTRL + ESC (Menampilkan menu Start)
  30. ALT + huruf digarisbawahi dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai)
  31. Surat digarisbawahi dalam nama perintah pada menu yang terbuka (Lakukan perintah yang sesuai)
  32. Tombol F10 (Aktifkan menu bar dalam program aktif)
  33. ARROW (Buka menu berikutnya ke kanan, atau membuka submenu)
  34. LEFT ARROW (Buka menu sebelah kiri, atau menutup submenu)
  35. Tombol F5 (Memperbarui jendela aktif atau merefresh)
  36. BACKSPACE (Melihat folder satu level ke atas di My Computer atau Windows Explorer)
  37. ESC (Membatalkan tugas sekarang)
  38. SHIFT ketika Anda memasukkan CD-ROM ke dalam CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain/autoplay)                  
Keyboard Shortcuts Dialog Box
39.    CTRL + TAB (Move forward melalui tab)
  1. CTRL + SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui tab)
  2. TAB (Move forward melalui pilihan)
  3. SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui pilihan)
  4. ALT + huruf yang digarisbawahi (Lakukan perintah yang sesuai atau pilih opsi yang sesuai)
  5. ENTER (Lakukan perintah untuk opsi atau tombol aktif)
  6. SPACEBAR (Pilih atau menghapus kotak centang jika pilihan yang aktif adalah check box)
  7. Arrow tombols Panah (Pilih sebuah tombol jika pilihan aktif adalah group tombol pilihan)
  8. Tombol F1 (Menampilkan Help)
  9. Tombol F4 (Menampilkan item dalam daftar aktif)
  10. BACKSPACE (Membuka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak dialog)
Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts
Windows Logo (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start)
  1. Logo Windows + BREAK (Menampilkan System Properties dialog box)
  2. Logo Windows + D (Menampilkan the desktop)
  3. Logo Windows + M (Meminimalkan semua jendela)
  4. Logo Windows + SHIFT + M (Memulihkan jendela yang diminimalkan)
  5. Logo Windows + E (Membuka My Computer)
  6. Logo Windows + F (Mencari for a file atau folder)
  7. CTRL + Windows Logo + F (Mencari for komputer)
  8. Logo Windows + F1 (Menampilkan Windows Help)
  9. Logo Windows + L (Mengunci keyboard)
  10. Logo Windows + R (Membuka kotak dialog Run)
  11. Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)
Accessibility Tombol board Shortcuts
61.    Right SHIFT selama delapan detik (Beralih FilterTombols on atau off)
  1. LEFT ALT + LEFT SHIFT + PRINT SCREEN (Beralih High Contrast on atau off)
  2. LEFT ALT + LEFT SHIFT + NUM LOCK (Mengaktifkan MouseTombols on atau off)
  3. SHIFT lima kali (Mengaktifkan StickyTombols on atau off)
  4. NUM LOCK selama lima detik (Mengaktifkan ToggleTombols on atau off)
  5. Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)
Windows Explorer Tombolboard Shortcuts Windows Explorer Tombolboard Shortcuts
67.    END (Menampilkan bagian bawah jendela aktif)
  1. HOME (Menampilkan bagian atas jendela aktif)
  2. NUM LOCK + Asterisk sign (*) (Tampilkan semua subfolder yang berada di bawah folder yang dipilih)
  3. NUM LOCK + Plus sign (+) (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)
  4. NUM LOCK + Minus sign (-) (Collapse folder yang dipilih)
  5. LEFT ARROW (Collapse pilihan saat ini jika diperluas, atau pilih folder utama)
  6. RIGHT ARROW (Menampilkan pilihan saat ini, atau pilih subfolder pertama)
Shortcut Tombols for Character Map Tombol pintas untuk Peta Karakter
74.    Setelah Anda klik dua kali pada grid karakter karakter, Anda dapat bergerak melalui grid dengan menggunakan cara pintas tombolboard:
  1. RIGHT ARROW (Pindah ke kanan atau ke awal baris berikutnya)
  2. LEFT ARROW (Pindah ke kiri atau ke akhir baris sebelumnya)
  3. UP ARROW (Pindah ke atas satu baris)
  4. DOWN ARROW (Pindah ke bawah satu baris)
  5. PAGE UP (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)
  6. DOWN (Pindah ke bawah satu layar pada satu waktu)
  7. HOME (Pindah ke awal baris)
  8. END (Pindah ke akhir baris)
  9. CTRL + HOME (Pindah ke karakter pertama)
  10. CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir)
  11. SPACEBAR (Beralih antara yang lebih besar dan Normal ketika seorang karakter yang dipilih)
Microsoft Management Console (MMC) Main Window Tombolboard Shortcuts
86.    CTRL + O (Open yang disimpan konsol)CTRL + N (Buka konsol baru)
  1. CTRL + S (Save the open console)
  2. CTRL + M (Menambah atau menghapus item konsol)
  3. CTRL + W (Buka jendela baru)
  4. F5 tombol (Update konten dari semua jendela konsol)
  5. ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu jendela MMC)
  6. ALT + F4 (Close the console)
  7. ALT + A (Menampilkan the Action menu)
  8. ALT + V (Menampilkan the View menu)
  9. ALT + F (Menampilkan the File menu)
  10. ALT + O (Menampilkan the Favorites menu)
Konsol MMC Window Tombolboard Shortcuts
98.    CTRL + P (Mencetak halaman aktif atau aktif pane)
  1. ALT + tanda Minus (-) (Menampilkan menu jendela jendela konsol yang aktif)
  2. SHIFT + F10 (Menampilkan the Action menu shortcut untuk item yang dipilih)
  3. Tombol F1 (Membuka topik Bantuan, jika ada, untuk item yang dipilih)
  4. Tombol F5 (Update konten dari semua jendela konsol)
  5. CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)
  6. CTRL + F5 (Memulihkan jendela konsol yang aktif)
  7. ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties, jika ada, untuk item yang dipilih)
  8. Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
  9. CTRL + F4 (Close jendela konsol yang aktif. Ketika sebuah konsol hanya memiliki satu jendela konsol, jalan pintas ini akan menutup konsol)
Remote Desktop Connection Navigation
108.CTRL+ALT+END (Open the m*cro$oft Windows NT Security dialog box
  1. ALT + PAGE UP (Beralih antara program dari kiri ke kanan)
  2. ALT + PAGE DOWN (Beralih antara program dari kanan ke kiri)
  3. ALT + INSERT (Cycle melalui program-program yang terakhir digunakan)
  4. ALT + HOME (Menampilkan menu Start)
  5. CTRL + ALT + BREAK (Beralih komputer klien antara jendela dan layar penuh)
  6. ALT+DELETE (Menampilkan the Windows menu) ALT + DELETE (Menampilkan the Windows menu)
  7. CTRL + ALT + Minus sign (-) (Membuat snapshot dari jendela aktif klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan PRINT SCREEN pada komputer lokal.)
  8. CTRL + ALT + Plus sign (+) (Membuat snapshot dari seluruh area jendela klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal.)
Internet Explorer navigation Internet Explorer navigasi

1       117.CTRL + B (Membuka kotak dialog Atur Favorit)
  1. CTRL + E (Open the Mencari bar)
  2. CTRL + F (Start the Find utility)
  3. CTRL + H (Open the History bar)
  4. CTRL + I (Open the Favorites bar)
  5. CTRL + L (Buka kotak dialog Open)
  6. CTRL + N (Start contoh lain dari browser dengan alamat Web yang sama)
  7. CTRL + O (Membuka kotak dialog Buka, sama seperti CTRL + L)
  8. CTRL + P (Membuka kotak dialog Print)
  9. CTRL + R (Memperbarui halaman Web ini)
  10. CTRL + W (Close jendela aktif)

Pengertian Strategi dan Belajar

Tugas
Mata kuliah   : Strategi Pembelajaran Fisika





Pengertian Belajar dan Strategi


UNM standar









Oleh :
Idil Akbar
(101204017)
Pendidikan Fisika





Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makassar
2011



Pengertian Belajar :

1.      H. Spears, menyatakan bahwa belajar adalah mengamati, mencoba sendiri beberapa hal, mendengarkan, mengikuti petunjuk.
2.      Mc Geoh menyatakan bahwa belajar adalah suatu perubahan dalam perbuatan sebagai hasil dari latihan.
3.      Menurut Hilgard dan Bower, belajar adalah proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya perilaku melalui reaksi terhadap situasi yang dihadapi, asalkan karakteristik perubahan itu tidak dapat dijelaskan berdasarkan kecenderungan respon alamiah, kematangan atau keadaan yang sewaktu-waktu (misalnya kelelahan, pengaruh obat-obatan, dsb).
4.      Menurut L.B.Curzon dalam bukunya  “Teaching in Further Education” mengemukakan defenisi belajar sebagai modifikasi yang tampak dari perilaku seseorang melalui kegiatan-kegiatan dan pengalaman-pengalamannya, sehingga pengetahuan, keterampilan dan sikapnya, termasuk penyesuaian cara-caranya, terhadap lingkungan yang berubah-ubah, yang sedikit banyaknya permanen.
5.      Menurut Gredler (1991), belajar adalah proses orang memperoleh bebbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap.
6.      Belajar adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu
7.      Menurut Prof. Dr. H. Sahabuddin, belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses kegiatan yang menimbulkan kelakuan baru atau merubah kelakuan lama sehingga seseorang lebih mampu memecahkan masalah dan menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi yang dihadapi dalam hidupnya.
8.      Menurut Slameto (2003), belajar ialah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
9.      Slameto (1988:2) mengemukakan bahwa: “Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi individu dengan lingkungannya”.
10.  Moeslichatoen (1989:1) mengemukakan bahwa belajar dapat diartikan sebagai proses yang membuat terjadinya proses belajar dan perubahan itu sendiri dihasilkan dari usaha dalam proses belajar.
11.  Menurut Winkel (1991), belajar pada manusia merupakan suatu proses psikologis yang berlangsung dalam interaksi aktif subjek dengan lingkungan, dengan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang bersifat konstan atau menetap.
12.  Cronbach (Sardiman, 1990:22) menyatakan bahwa belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.
13.  Geoch (Sardiman, 1990:22) mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan dalam performansi sebagai hasil dari praktek.
14.  Belajar modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman
15.  Cronbach dalam bukunya Educational Psychology mengemukakan belajar ditunjukkan oleh perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Menurut Cronbach, belajar yang sebaik-baiknya ialah dengan mengalami, dan dengan mengalami, pelajar menggunakan panca inderanya.
16.  Vernon S. Gerlach dan Donal P. Ely dalam bukunya Teaching and Media – A Systematic Approach mengemukakan terjadinya belajar dengan mengaitkan belajar dengan perubahan perilaku yang diamati. Menurut mereka belajar adalah perubahan perilaku, sedangkan perilaku adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain, perilaku adalah suatu tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati.
17.  Menurut Karlt Smith, belajar adalah proses reorganisasi pola balikan penginderaan yang merubah tingkat penguasaan siswa atas perilakunya sendiri dalam hubungannya dengan objek dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
18.  Belajar merupakan modifikasi tingkah laku melalui pengalaman. (Sutarno,2011)
19.  Kawandnews.com - Pengertian Pembelajaran ini merupakan pengembangan dariPengertian Pembelajaran inovatif. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
20.  Pengertian Belajar. Belajar adalah suatu proses usaha yang di lakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman.
21.  Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
22.  Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
23.  Crow & Crow dan (1958) : “ belajar adalah diperlehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
24.  Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”
25.  Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.
26.  Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”.
27.  Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari ( Bari Djamarah, 1994: 21).
28.  Howard L. Kingsley belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan (Dalyono, 2006: 104).
29.  Menurut James O. Wittaker belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. 
30.    Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
31.  Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
32.  Pengertian Belajar menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.
33. Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Tugas 2
Pengertian Strategi :

1.      Menurut Abizar (1995), strategi pembelajaran diartikan sebagaipandanagn yang bersifat umum serta arah umumdari tindakan untuk menentukan metode yang akan dipakai dengan tujuan utama agar pemerolehan pengetahuan oleh siswa dapat berlangsung optimal
2.      Strategi pembelajaran merupakan cara pengorganisasian isi pelajaran dan pengelolaan kegiatan kegiatan belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat dilakukan guru untuk mendukung terciptanya efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran
3.      Arnoldo C. Hax dan Nicholas S. Manjluk (1991), “The Strategy Process and Concept: a pragmatic approach”, Prentice Hall International Ed., mendefinisikan strategi sebagai cara menuntun perusahaan pada sasaran utama pengembangan nilai korporasi, kapabilitas manajerial, tanggungjawab organisasi, dan sistem administrasi yang menghubungkan pengambilan keputusan strategik dan operasional pada seluruh tingkat hirarki, dan melewati.
4.      John A. Pearce II dan Richard B. Robinson Jr., (2003), “Strategic Management, formulation, implementation and control”, Irwin McGraw-Hill., mendefinisikan strategi sebagai seperangkat keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi dari rencana yang didesain untuk mencapai tujuan. 
5.      Menurut AECT (1995), strategi pembelajaran merupakan bagian terpentingdari komponen teknik dan metode dalam suatu system pembelajaran
6.      Menurut Romiszowski (1981), strategi adalah sebagai titik pandang dan arah berbuat yang diambil dalam rangka memilih metode pembelajaran ayng tepat, selanjutnya ayng mengarah pada yang lebih khusus, yaitu rencana taktik dan latihan
7.      Fred R. David dalam bukunya “Strategic Management: Concepts and Cases” mendefinisikan strategi sebagai cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture.
8.      Reigeluth (1983), strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola piker guru dalam mengajar
9.    WF Glueck dan LR Jauch dalam buku “Manajemen strategis dan kebijakan perusahaan”. mendefinisikan strategi sebagai rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.
10.Dick dan Carey (1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang / atau digunakan oleh gurudalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
11. Kozna (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju terc­­­­apainya tujuan pembelajaran tertentu.
12.   Gropper (1990) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.


DAFTAR PUSTAKA
Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfhabeta.
Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Haling, abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.