Tugas
Mata
kuliah : Strategi Pembelajaran Fisika
Pengertian Belajar dan Strategi

Oleh :
Idil Akbar
(101204017)
Pendidikan Fisika
Fakultas Matematika Dan Ilmu
Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makassar
2011
Pengertian Belajar :
1.
H. Spears,
menyatakan bahwa belajar adalah mengamati, mencoba sendiri beberapa hal,
mendengarkan, mengikuti petunjuk.
2.
Mc Geoh
menyatakan bahwa belajar adalah suatu perubahan dalam perbuatan sebagai hasil
dari latihan.
3.
Menurut Hilgard
dan Bower, belajar adalah proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya
perilaku melalui reaksi terhadap situasi yang dihadapi, asalkan karakteristik
perubahan itu tidak dapat dijelaskan berdasarkan kecenderungan respon alamiah,
kematangan atau keadaan yang sewaktu-waktu (misalnya kelelahan, pengaruh
obat-obatan, dsb).
4.
Menurut
L.B.Curzon dalam bukunya “Teaching in Further Education”
mengemukakan defenisi belajar sebagai modifikasi yang tampak dari perilaku
seseorang melalui kegiatan-kegiatan dan pengalaman-pengalamannya, sehingga
pengetahuan, keterampilan dan sikapnya, termasuk penyesuaian cara-caranya,
terhadap lingkungan yang berubah-ubah, yang sedikit banyaknya permanen.
5.
Menurut Gredler
(1991), belajar adalah proses orang memperoleh bebbagai kecakapan, keterampilan,
dan sikap.
6.
Belajar adalah
proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu
7.
Menurut Prof.
Dr. H. Sahabuddin, belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses kegiatan
yang menimbulkan kelakuan baru atau merubah kelakuan lama sehingga seseorang
lebih mampu memecahkan masalah dan menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi
yang dihadapi dalam hidupnya.
8.
Menurut Slameto
(2003), belajar ialah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh
suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil
pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
9.
Slameto (1988:2)
mengemukakan bahwa: “Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu
untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai
hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi individu dengan
lingkungannya”.
10. Moeslichatoen (1989:1) mengemukakan bahwa belajar
dapat diartikan sebagai proses yang membuat terjadinya proses belajar dan
perubahan itu sendiri dihasilkan dari usaha dalam proses belajar.
11. Menurut Winkel (1991), belajar pada manusia
merupakan suatu proses psikologis yang berlangsung dalam interaksi aktif subjek
dengan lingkungan, dengan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang bersifat konstan atau menetap.
12. Cronbach (Sardiman, 1990:22) menyatakan bahwa
belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.
13. Geoch (Sardiman, 1990:22) mengemukakan bahwa belajar
adalah perubahan dalam performansi sebagai hasil dari praktek.
14. Belajar modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui
pengalaman
15. Cronbach dalam bukunya Educational Psychology mengemukakan belajar ditunjukkan oleh
perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Menurut Cronbach,
belajar yang sebaik-baiknya ialah dengan mengalami, dan dengan mengalami,
pelajar menggunakan panca inderanya.
16. Vernon S. Gerlach dan Donal P. Ely dalam bukunya Teaching and Media – A Systematic Approach
mengemukakan terjadinya belajar dengan mengaitkan belajar dengan perubahan
perilaku yang diamati. Menurut mereka belajar adalah perubahan perilaku,
sedangkan perilaku adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain,
perilaku adalah suatu tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan
oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati.
17. Menurut Karlt Smith, belajar adalah proses
reorganisasi pola balikan penginderaan yang merubah tingkat penguasaan siswa
atas perilakunya sendiri dalam hubungannya dengan objek dan peristiwa-peristiwa
yang terjadi di sekitarnya.
18. Belajar merupakan modifikasi tingkah laku melalui
pengalaman. (Sutarno,2011)
19.
Kawandnews.com - Pengertian
Pembelajaran ini merupakan pengembangan dariPengertian
Pembelajaran inovatif. Pembelajaran adalah proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
20.
Pengertian Belajar. Belajar adalah suatu proses
usaha yang di lakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku
yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman.
21.
Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai
suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku
baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri
dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
22.
Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan
dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru
berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
23.
Crow & Crow dan (1958) : “ belajar adalah
diperlehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
24.
Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu
perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap
sesuatu situasi”
25.
Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah
perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.
26.
Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses
perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”.
27. Belajar adalah suatu
aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari
bahan yang telah dipelajari ( Bari Djamarah, 1994: 21).
28. Howard L. Kingsley belajar
adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah
melalui praktek dan latihan (Dalyono, 2006: 104).
29. Menurut James O. Wittaker
belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau
diubah melalui latihan atau pengalaman.
30. Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang
berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan
perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
31.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam
(Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang
dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya
berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
32.
Pengertian Belajar menurut
Gagne dalam bukunya The
Conditions
of Learning 1977,
belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah
laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi
belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.
33.
Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah
suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari
kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari
diri seseorang.
Tugas 2
Pengertian
Strategi :
1.
Menurut Abizar
(1995), strategi pembelajaran diartikan sebagaipandanagn yang bersifat umum
serta arah umumdari tindakan untuk menentukan metode yang akan dipakai dengan
tujuan utama agar pemerolehan pengetahuan oleh siswa dapat berlangsung optimal
2.
Strategi
pembelajaran merupakan cara pengorganisasian isi pelajaran dan pengelolaan
kegiatan kegiatan belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat
dilakukan guru untuk mendukung terciptanya efektivitas dan efisiensi proses
pembelajaran
3.
Arnoldo C. Hax dan Nicholas S. Manjluk (1991), “The Strategy
Process and Concept: a pragmatic approach”, Prentice Hall International Ed.,
mendefinisikan strategi sebagai cara menuntun perusahaan pada sasaran utama
pengembangan nilai korporasi, kapabilitas manajerial, tanggungjawab organisasi,
dan sistem administrasi yang menghubungkan pengambilan keputusan strategik dan
operasional pada seluruh tingkat hirarki, dan melewati.
4.
John A. Pearce II dan Richard B. Robinson Jr., (2003), “Strategic Management, formulation, implementation and
control”, Irwin McGraw-Hill., mendefinisikan strategi sebagai seperangkat
keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi dari
rencana yang didesain untuk mencapai tujuan.
5. Menurut
AECT (1995), strategi pembelajaran merupakan bagian terpentingdari komponen
teknik dan metode dalam suatu system pembelajaran
6. Menurut
Romiszowski (1981), strategi adalah sebagai titik pandang dan arah berbuat yang
diambil dalam rangka memilih metode pembelajaran ayng tepat, selanjutnya ayng
mengarah pada yang lebih khusus, yaitu rencana taktik dan latihan
7.
Fred R. David dalam bukunya “Strategic
Management: Concepts and Cases” mendefinisikan strategi sebagai cara untuk
mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan
geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar,
rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture.
8. Reigeluth
(1983), strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola piker guru dalam
mengajar
9. WF Glueck dan LR Jauch dalam buku “Manajemen
strategis dan kebijakan perusahaan”. mendefinisikan strategi sebagai rencana
yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis
perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa
tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh
organisasi.
10.Dick dan Carey
(1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen
materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang / atau
digunakan oleh gurudalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan
pembelajaran tertentu.
11. Kozna (1989)
secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai
setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau
bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran
tertentu.
12. Gropper (1990)
mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis
tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
DAFTAR PUSTAKA
Hadis, Abdul.
2006. Psikologi dalam Pendidikan.
Bandung: Alfhabeta.
Sahabuddin.
1999. Mengajar dan Belajar. Makassar:
Universitas Negeri Makassar.
Haling,
abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran.
Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Rusman.
2011. Model-model Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik, Oemar.
2001. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar