Powered By Blogger

Jumat, 16 September 2011

Pengertian Strategi dan Belajar

Tugas
Mata kuliah   : Strategi Pembelajaran Fisika





Pengertian Belajar dan Strategi


UNM standar









Oleh :
Idil Akbar
(101204017)
Pendidikan Fisika





Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makassar
2011



Pengertian Belajar :

1.      H. Spears, menyatakan bahwa belajar adalah mengamati, mencoba sendiri beberapa hal, mendengarkan, mengikuti petunjuk.
2.      Mc Geoh menyatakan bahwa belajar adalah suatu perubahan dalam perbuatan sebagai hasil dari latihan.
3.      Menurut Hilgard dan Bower, belajar adalah proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya perilaku melalui reaksi terhadap situasi yang dihadapi, asalkan karakteristik perubahan itu tidak dapat dijelaskan berdasarkan kecenderungan respon alamiah, kematangan atau keadaan yang sewaktu-waktu (misalnya kelelahan, pengaruh obat-obatan, dsb).
4.      Menurut L.B.Curzon dalam bukunya  “Teaching in Further Education” mengemukakan defenisi belajar sebagai modifikasi yang tampak dari perilaku seseorang melalui kegiatan-kegiatan dan pengalaman-pengalamannya, sehingga pengetahuan, keterampilan dan sikapnya, termasuk penyesuaian cara-caranya, terhadap lingkungan yang berubah-ubah, yang sedikit banyaknya permanen.
5.      Menurut Gredler (1991), belajar adalah proses orang memperoleh bebbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap.
6.      Belajar adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu
7.      Menurut Prof. Dr. H. Sahabuddin, belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses kegiatan yang menimbulkan kelakuan baru atau merubah kelakuan lama sehingga seseorang lebih mampu memecahkan masalah dan menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi yang dihadapi dalam hidupnya.
8.      Menurut Slameto (2003), belajar ialah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
9.      Slameto (1988:2) mengemukakan bahwa: “Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi individu dengan lingkungannya”.
10.  Moeslichatoen (1989:1) mengemukakan bahwa belajar dapat diartikan sebagai proses yang membuat terjadinya proses belajar dan perubahan itu sendiri dihasilkan dari usaha dalam proses belajar.
11.  Menurut Winkel (1991), belajar pada manusia merupakan suatu proses psikologis yang berlangsung dalam interaksi aktif subjek dengan lingkungan, dengan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang bersifat konstan atau menetap.
12.  Cronbach (Sardiman, 1990:22) menyatakan bahwa belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.
13.  Geoch (Sardiman, 1990:22) mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan dalam performansi sebagai hasil dari praktek.
14.  Belajar modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman
15.  Cronbach dalam bukunya Educational Psychology mengemukakan belajar ditunjukkan oleh perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Menurut Cronbach, belajar yang sebaik-baiknya ialah dengan mengalami, dan dengan mengalami, pelajar menggunakan panca inderanya.
16.  Vernon S. Gerlach dan Donal P. Ely dalam bukunya Teaching and Media – A Systematic Approach mengemukakan terjadinya belajar dengan mengaitkan belajar dengan perubahan perilaku yang diamati. Menurut mereka belajar adalah perubahan perilaku, sedangkan perilaku adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain, perilaku adalah suatu tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati.
17.  Menurut Karlt Smith, belajar adalah proses reorganisasi pola balikan penginderaan yang merubah tingkat penguasaan siswa atas perilakunya sendiri dalam hubungannya dengan objek dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
18.  Belajar merupakan modifikasi tingkah laku melalui pengalaman. (Sutarno,2011)
19.  Kawandnews.com - Pengertian Pembelajaran ini merupakan pengembangan dariPengertian Pembelajaran inovatif. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
20.  Pengertian Belajar. Belajar adalah suatu proses usaha yang di lakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman.
21.  Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
22.  Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
23.  Crow & Crow dan (1958) : “ belajar adalah diperlehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
24.  Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”
25.  Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.
26.  Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”.
27.  Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari ( Bari Djamarah, 1994: 21).
28.  Howard L. Kingsley belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan (Dalyono, 2006: 104).
29.  Menurut James O. Wittaker belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. 
30.    Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
31.  Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
32.  Pengertian Belajar menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.
33. Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Tugas 2
Pengertian Strategi :

1.      Menurut Abizar (1995), strategi pembelajaran diartikan sebagaipandanagn yang bersifat umum serta arah umumdari tindakan untuk menentukan metode yang akan dipakai dengan tujuan utama agar pemerolehan pengetahuan oleh siswa dapat berlangsung optimal
2.      Strategi pembelajaran merupakan cara pengorganisasian isi pelajaran dan pengelolaan kegiatan kegiatan belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat dilakukan guru untuk mendukung terciptanya efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran
3.      Arnoldo C. Hax dan Nicholas S. Manjluk (1991), “The Strategy Process and Concept: a pragmatic approach”, Prentice Hall International Ed., mendefinisikan strategi sebagai cara menuntun perusahaan pada sasaran utama pengembangan nilai korporasi, kapabilitas manajerial, tanggungjawab organisasi, dan sistem administrasi yang menghubungkan pengambilan keputusan strategik dan operasional pada seluruh tingkat hirarki, dan melewati.
4.      John A. Pearce II dan Richard B. Robinson Jr., (2003), “Strategic Management, formulation, implementation and control”, Irwin McGraw-Hill., mendefinisikan strategi sebagai seperangkat keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi dari rencana yang didesain untuk mencapai tujuan. 
5.      Menurut AECT (1995), strategi pembelajaran merupakan bagian terpentingdari komponen teknik dan metode dalam suatu system pembelajaran
6.      Menurut Romiszowski (1981), strategi adalah sebagai titik pandang dan arah berbuat yang diambil dalam rangka memilih metode pembelajaran ayng tepat, selanjutnya ayng mengarah pada yang lebih khusus, yaitu rencana taktik dan latihan
7.      Fred R. David dalam bukunya “Strategic Management: Concepts and Cases” mendefinisikan strategi sebagai cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture.
8.      Reigeluth (1983), strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola piker guru dalam mengajar
9.    WF Glueck dan LR Jauch dalam buku “Manajemen strategis dan kebijakan perusahaan”. mendefinisikan strategi sebagai rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.
10.Dick dan Carey (1990) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang / atau digunakan oleh gurudalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
11. Kozna (1989) secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju terc­­­­apainya tujuan pembelajaran tertentu.
12.   Gropper (1990) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.


DAFTAR PUSTAKA
Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfhabeta.
Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Haling, abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar